Penanggulangan Terkena Benda Benda

.


1.Penanganan Keracunan Pestisida
Pengobatan keracunan pestisida ini harus cepat dilakukan terutama untuktoksisitas organophosphat.. Bila dilakukan terlambat dalam beberapa menit akandapat menyebabkan kematian. Diagnosis keracunan dilakukan berdasarkanterjadinya gejala penyakit dan sejarah kejadiannya yang saling berhubungan. Padakeracunan yang berat , pseudokholinesterase dan aktifits erytrocyt kholinesteraseharus diukur dan bila kandungannya jauh dibawah normal,kercaunan mesti terjadidan gejala segera timbul.
Pengobatan dengan pemberian atrophin sulfat dosis 1-2 mg i.v. danbiasanya diberikan setiap jam dari 25-50 mg. Atrophin akan memblok efekmuskarinik dan beberapa pusat reseptor muskarinik. Pralidoxim (2-PAM) adalahobat spesifik untuk antidotum keracunan organofosfat. Obat tersebut dijual secarakomersiil dan tersedia sebagai garam chlorine
2.Penanganan Terkena Benda Tumpul
Kebanyakan luka memar tidak memerlukan perawatan apapun. Akan tetapi ada baiknya jika Anda melakukan penanganan dini terlebih dahulu, apabila ada kekhawatiran akan adanya luka cedra baik pada tulang maupun organ dalam tubuh lainnya. Adapun penanganan yang dapat anda lakukan apabila Anda mengalami luka memar yaitu, antara lain:
1.      Anda dapat meletakan es pada luka memar yang lebar, bungkus es dengan kain dan tempelkan kurang lebih 5 menit.
2.       Setelah 24-48 jam, luka dapat dipulihkan dengan pemanasan. Letakan luka di atas alas yang telah dihangatkan dan kompres dengan handuk dan air hangat.
3.Penanganan Terkena Benda Tajam
pasti kita sering mnjumpai atau bahkan kita sering atau terkadang bermain dg benda-benda tajam.Benda-benda  tajam seperti pisau atau bekas kaleng yang tipis dapat menyebabkan luka sayat atau luka gores yang dapat mengakibatkan perdarahan. Jenis luka ada yang menembus kulit saja ada pula yang sampai dalam sehingga perlu penanganan khusus di rumah sakit.
Yang dapat ditangani secara mandiri yaitu luka yang bersifat superficial atau dipermukaan saja, sehingga akan mudah menekan daerah yang mengalami perdarahan. Lalu bagaiman cara merawat luka goresan dan tersayat? Berikut cara merawat luka goresan dan tersayat.
Cara merawat luka goresan atau tersayat
1.                  Mencuci luka dengan air bersih dan segera beri obat antiseptis yang ada.
2.                  Tutup luka dengan kasa steril yang kering, dan plester atau balut.
3.                  Bila luka luas, lakukanlah desinfeksi, kemudian kirim ke dokter agar mendapatkan suntikan anti tetanus bila perlu. Untuk kasus seperti ini jaga luka tetap terbuka, karena bakteri tetanus akan mati bila kena udara.
4.                  Bila luka agak dalam dan banyak kotoran, gunakan pinset atau penjepit (steril) untuk mengangkat kotoran bila sulit dihilangkan dengan air.
5.                  Pada luka sayat yang dangkal saja, maka setelah luka dibersihkan dan diberi antiseptis, dapat diplester.
6.                  Bila luka memanjang dan memerlukan jahitan, maka setelah dilakukan pembersihan dan desinfektan segera dibawa kerumahsait atau puskesmas.
ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :


0 komentar:

:X ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Judul Blog Anda is proudly powered by Pusat Cara | Modif by Junay Sugiyanto™